Thursday 28 June 2012


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Penulisan
       Sumber daya manusia adalah sarana untuk mencapai tujuan perusahaan, selain itu juga merupakan salah satu faktor penentu yang mempunyai andil besar dalam kinerja suatu perusahaan untuk ke depannya. Sumber daya manusia tersebut diartikan sebagai karyawan pengelola dan pelaksana suatu perusahaan yang dipercaya oleh perusahan dalam melaksanakan tugas kegiatan. Perusahaan mempunyai kesempatan yang baik untuk bertahan dan maju jika mempunyai karyawan yang tepat, sehingga dibutuhkan usaha yang terus-menerus dalam mencari, memilih, dan melatih calon atau karyawan. Sebaliknya, karyawan membutuhkan perusahaan sebagai tempat untuk mencari nafkah. Karyawan juga harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karenanya karyawan berhak untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan kualitas dan kinerjanya. Gaji yang diterima oleh karyawan pun seharusnya berupa gaji yang wajar.
      Masalah gaji mungkin merupakan masalah manajemen kepegawaian yang paling kompleks dan merupakan salah satu aspek yang paling berarti, baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Gaji merupakan kontra prestasi yang diberikan pemberi kerja pada karyawan berkenaan dengan penggunaan tenaga manusia pada kegiatan perusahaan. Gaji adalah bentuk kompensasi atas prestasi karyawan yang bersifat finansial yang menimbulkan kepuasan kerja. Menurut T. Hani Handoko kompensasi merupakan pemberian pembayaran kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivator pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang.  Karyawan akan merasa puas apabila besarnya gaji yang diterimanya sesuai dengan keahlian dan jabatannya. Sehingga karyawan akan terdorong untuk semaksimal mungkin bekerja sesuai dengan kemampuannya.
       Gaji mempunyai arti penting bagi karyawan sebagai individu karena besarnya gaji mencerminkan ukuran nilai karya mereka diantara para karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat. Tingkat pendapatan absolut karyawan akan menentukan skala kehidupannya, dan pendapatan relative mereka menunjukkan status, martabat dan harganya.  Akibatnya, apabila karyawan memandang gaji yang mereka terima tidak memadai, maka prestasi kerja, semangat, dan motivasi mereka bisa turun.
       Umumnya departemen kepegawaian (personalia) merancang dan mengadministrasikan gaji karyawan, sehingga perusahaan seharusnya mempunyai suatu sistem penggajian yang baik. Pengembangan sistem penggajian merupakan salah satu cara yang ditempuh dalam pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.  Penggajian seharusnya dikelola secara profesional untuk menghindari terjadinya manipulasi gaji oleh pihak-pihak tertentu.
       Adapun uang yang sudah dianggarkan harus dikelola perusahaan dengan baik agar tujuan untuk mendistribusikan kepegawai dapat dilaksanakan sesuai dengan tata cara atau sistem yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Tata cara atau sistem yang diterapkan undang-undang adalah suatu prosedur pemberian gaji mulai dari proses daftar hadir atau absensi sampai dengan proses pengambilan gaji dan membayarkannya kepegawai tepat waktu dan dalam jumlah yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebab pegawai sangat sensitive terhadap kesalahan-kesalahan dalam penggajian. Pengelolaan gaji yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan akan mengakibatkan kekecewaan pada karyawan, hal ini dapat menyebabkan penurunan  produktivitas karyawan. Fakta yang kita temui atau yang sering kita lihat adalah demonstrasi para karyawan yang menuntut kenaikan gaji serta perbaikan kesejahteraan karyawan.
       Oleh karena terdapat perbedaan sistem penggajian pada PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara dengan sistem penggajian yang semestinya, yaitu terdapatnya fungsi ganda dalam prosedur penggajian. Maka dengan itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai system penggajian yang dilakukan oleh PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara apakah sudah sesuai dengan peraturan yang diterapkan pemerintah. Olehnya, dalam penyusunan laporan ini penulis mengambil judul “ANALISIS SISTEM PENGGAJIAN PADA KANTOR PUSAT PT (PERSERO) KAWASAN BERIKAT NUSANTARA.”


1.2   Tujuan Penulisan
        Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah:
1.   Mengetahui latar belakang perusahaan mulai dari sejarah berdirinya, lokasi perusahaan, sampai dengan struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan
2.   Mengetahui sistem akuntansi penggajian yang digunakan pada kantor pusat PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara
3.   Menganalisa Sistem akuntansi penggajian yang digunakan pada kantor pusat PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara untuk memudahkan pihak manajemen dalam menentukan baik buruknya sistem akuntansi yang digunakan.


1.3   Manfaat Penulisan
Penulisan laporan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada berbagai pihak antara lain:
1.   Bagi penulis, dengan penulisan tugas akhir ini penulis dapat membandingkan antara teori yang didapat selama perkuliahan dengan keadaan sesungguhnya yang dilaksanakan oleh perusahaan sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan praktis.
2.   Bagi Perusahaan, penulisan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi kelangsungan perusahaan dan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah dan kebijaksanaan perusahaan demi perubahan atau perbaikan yang dianggap perlu.
3.   Bagi Politeknik Negeri Jakarta, terkhusus bagi jurusan akuntansi, dapat menambah perbendaharaan karya ilmiah.
4.    Bagi pembaca, laporan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sistem akuntansi penggajian.


1.4   Sitematika Penulisan
       Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi dari makalah ini, maka penulis membagi secara sistematis isi dari makalah ini ke dalam tiga bab yang saling berhubungan.
       Bab I adalah Pendahuluan. Bab ini terdiri atas Latar Belakang Penulisan, Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan, dan Sistematika Penulisan. Dari bab ini diharapkan akan diperoleh gambaran umum mengenai masalah atau topik yang akan dibahas dalam makalah ini.
       Bab II Bab ini terdiri dari tiga sub bab. Sub bab pertama berisikan latar belakang Perusahaan yang terdiri dari sejarah singkat, visi dan misi perusahaan, struktur organisasi, dan bidang usaha PT Antam (Persero) Tbk. Sub bab kedua berisikan tentang landasan teori dan konsep yang terdiri dari Penjelasan mengenai Sistem Akuntansi, Sistem Akuntansi Penggajian, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisis Data dan Standar Penilaian Data. Pada sub bab ketiga ini akan membahas mengenai Gambaran umum mengenai Sistem Akuntansi Penggajian pada PT Antam (Persero) Tbk. dan analisis sistem penggajian pada PT Antam (Persero) Tbk.
Bab III adalah Penutup. Bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran. Kesimpulan ini merupakan ringkasan pembahasan laporan tugas akhir ini, sedangkan saran berisi tentang tanggapan penulis terhadap pembahasan dari Sistem Akuntansi Penggajian yang diterapkan pada PT (Persero) Kawasan Berikat Nusantara.


 


No comments:

Post a Comment