Tuesday 12 November 2013

Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Pada PT.Daya Cipta Anekareksa


BAB I
PENDAHULUAN

  1. A.      Latar belakang Masalah.
Perkembagan zaman berjalan semakin pesat menuju ke arah pasar bebas yang membawa arus teknologi dan informatika yang mudah di akses.Adanya pasar bebas membawa persaingan yang seru di antara perusahaan yang bergerak di bidang industr yang sama.Dalam hal ini, pemasaran yang tidak membicarakan produk,harga,mendistribusikan produk,tetapi juga mengkomunikasikan produk ini kepada masarakat agar produk itu terkenal dan akhirnya di beli.Untuk mengkomunikasikan produk ini perlu di buat strategi bauran promosi  (promotion mix).Promosi merupakan cakupan bauran pemasaran yang penting dalam memasarkan barang / jasa yang  di hasilakan perusahaan.Promosi juga berart aktifitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk sasaran konsumen untuk membelinya.

1
Promosi adalah komunikasi oleh pemasar yang menginformasikan, dan mengingatkan calon pembeli mengenai sebuah produk untuk mempengaruhi suatu pendapat atau memperoleh suatu respon.Sementara suatu produk betapun manfaatnya akan tetapi jika tidak di kenal konsumen,maka produk tersebut tidak akan di ketahui ke manfatnya dan bahkan mungkin tidak akan di beli konsumen.Kegiatan promosi memegang peranan penting dalam suatu perusahaan,dapat memperkenalkan ,memberitahukan dan menginggat kembali manfaat dari suatu produk sehingga dapat mendorong konsumen untuk terus membeli produk tersebut.
Kegiatan promosi di harapkan akan dapat mempertahankan ketenaran merk (brand image) bila mengunakan strategi bauran promosi yang tepat.oleh karena itu perusahaan selal membangun komunikasi sebaik mungkin kepada konsumen melalui promosi.Penerapan kegiatan promosi yang di lakukan perusahaan meliputi :advertasing,sales,promotion,personal selling dan publcity.Sedangkan tujuan promosi itu pada dasrnya adalah bersifat informatio,.persaunding,dan reminding.Dengan adanya promosi di harapkan penjualan dapat di tingkatkan  dan bagi  perusahaan yang sudah menjalankan kegiatan ini maka omzet yang telah di capai dapat di pertahankan.Dalam hal ini penulis akan mencoba untuk melakukan penelitian terhadap strategi promosi yang di lakukan oleh PT.DAYA CIPTA ANEKAREKSA.Volume penjualan menjadi bagian yang cukup penting dalam dunia usah ,karena dengan meningkatkan volume penjualan akan menambah total omzet dan total revenue ,dan hal ini berpengaruh terhadap peningkatan profit. Dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Untuk mengadakan promosi, setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan.
Menurut Basu Swastha Promosi merupakan kegiatan terpenting, yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan. Irawan dalam angipora (1999), promosi merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu prodak atau jasa.  menurut Stanson dalam angipora (1999), promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, penjualan personal dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Menurut Lamb, Hair, Mc-Daniel (2001), promosi adalah komunikasi dari para penjual yang menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respon.
Menurut Fandy Tjiptono (2004), bauran promosi tradisional meliputi berbagai metode untuk mengkomunikasikan manfaat jasa kepada potensial dan aktual. Metode-metode tersebut terdiri atas periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan dan hubungan masyarakat. promosi menunjuk pada berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kebaikan produknya dan membujuk para pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut. Sehingga dapat disimpulkan mengenai promosi yaitu dasar kegiatan promosi adalah komunikasi perusahaan dengan konsumen untuk mendorong terciptanya penjualan.  promosi menunjuk pada berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan kebaikan produknya dan membujuk para pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut. Sehingga dapat disimpulkan mengenai promosi yaitu dasar kegiatan promosi adalah komunikasi perusahaan dengan konsumen untuk mendorong terciptanya penjualan.
Selama 24 tahun berdiri PT.Daya Cipta Anekareksa banyak melakukan promosi dan terobosan di bidang pengembangan produksi.promosi yang di lakukan  adalah membuat brosur dan katalog tentang PT.Daya Cipta Anekareksa dalam promosi ini perusahaan memberikan informasi menyeluruh tentang produk yang di tawarkan sayangnya tidak di disain dengan baik,bagi pemilik modal cover produk yang baik dapat meningkatkan daya tarik konsumen dan sebaliknya bila kurang baik bisa membuat ketertarikan pengujung kurang. Harapan pasar terlalu tinggi produk mungkin bagus tetapi pasar mengharapkan lebih dari yang ada.Pasar menaruh harapan yang tinggi terhadap produk tersebut sehingga ketika harapan pasar tak mampu di penuhi pasar menjadi kecewa. Dalam 10 tahun pertama PT.Daya Cipta Anekareksa hanya melakukan promosi secara monton dan cenderung sama.Kurang ide dan biaya ,mungkin bisa karena ide pengembangan yang kurang atau biaa pengembangan terlalu mahal.dalam pengembangan sebuah produk tanpa kesiapan kedua hal itu bisa memperpendek usia produk,biaya  pengembangan meliputi biaya riset dan analisa produk lanjutan.selama itu pula upaya untuk meningkatkan hasil penjualan belum maksimal.sasaran promosi yangdi lakukan perusahaan pada awalnya adalah perusahaan yang sedang berkembang dan baru terbit (pemula).Dengan maunya ilmu dan teknologi dewasa ini banyak perusahaan yang tidak mau kalah untuk mengunakan jasa internet termasuk juga perusahaan kami.
Berdasarkan uraian latar belakang tersebut penulis tertarik menganalisa masalah dengan judul “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Hasil Penjualan Pada PT.Daya Cipta Anekareksa”

  1. B.       Identifikasi Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah dan pokok bahasan yan telah di jabarkan di atas,maka penulis dapat mengidentifikasikan beberapa permasalahn sebagai berikut :
  1. Bentuk –bentuk promosi yang di lakukan PT.Daya Cipta  Anekareksa belum efektif.
  2. Strategi promosi belum efektif dalam meningkatkan hasil penjualan.
  3. Strategi promosi yang di lakukan oleh PT.Daya Cipta Anekareksa belum tepat sasaran.
  4. Promosi yang di lakukan PT.Daya Cipta Anekareksa untuk menarik konsumen belum optimal.
download full babnya disini PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT 
atau bisakunjungi langsung di http://adtyadjavanet.esy.es/2013/11/pengaruh-biaya-promosi-terhadap-hasil-penjualan-pada-pt-daya-cipta-anekareksa/